KAWASAN ASIA TENGGARA


UNSUR-UNSUR FISIK DAN SOSIAL KAWASAN ASIA TENGGARA

A. Letak Asia Tenggara
1. Letak astronomis: 210 LU-110 LS dan 950 BT-1410 BT 

                                   2. Letak Geografis  : Diantara Benua Asia dan Benua Australia, serta diantara Samodera Hindia dan Samodera Pasifik

                                   3. Letak Geologis    :  Terletak pada daerah pertemuan Jalur Pegunungan Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania
4. Batas Wilayah      : 
    a. Sebelah utara    : Benua Asia dan Samodera Pasifik
    b. Sebelah Selatan: Samodera Hindia
    c. Sebelah Timur  : Samodera Pasifik dan Papua Nugini
    d. Sebelah Barat    : Samodera Hindia, Srilanka, dan India

B. Iklim Asia Tenggara
Berdasarkan letak lintang dan kondisi fisiknya, Asia Tenggara beriklim Muson Laut Tropis dengan sifat selalu basah dan hangat. Iklim di kawasan Asia Tenggara dipengaruhi oleh angin muson yang setiap setengah tahun berganti arah yang berlawanan sehingga mengakibatkan terjadinya 2 musim, yaitu musim hujan dan kemarau.
1. Musim kemarau : terjadi pada bulan April-Oktober, ketika angin muson tenggara bertiup dari Australia menuju daratan Asia. Tetapi karena di utara khatulistiwa terjadi pembelokan ke kanan maka terjadilah angin muson barat daya yang sifatnya basah dan mendatangkan hujan di Myanmar, Thailand, Semenanjung malaka dan Indonesia Barat.
2. Musim hujan  : terjadi pada bulan Oktober-April, ketika angin muson timur laut yang berasal dari Samodera Pasifik, banyak mendatangkan hujan di belahan bumi utara. Karena di selatan khatulistiwa terjadi pembelokan ke kiri, maka terjadi angin muson barat laut yang mengakibatkan musim hujan bagi Indonesia.

C. Bentang Alam Asia Tenggara
Secara garis besar bentang alam terdiri dari bentang darat dan bentang air.
1. Bentang darat : merupakan bagian penting karena sebagian besar penduduk tinggal di kawasan ini. Kawasan Asia Tenggara mempunyai bentang darat yang menyatu dengan Benua Asia, yang disebut ”India Belakang” terdiri dari negara Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam dan Malaysia Barat. Bentang darat berupa kepulauan meliputi negara Singapura, Malaysia Timur, Indonesia, Brunei, Philipina dan Timor Leste.
Bentang darat terdiri dari kenampakan berupa:
a. Pegunungan
Asia Tenggara terletak pada deretan pegunungan Mediterania yang membentang dari Eropa Selatan dan masuk Asia Tenggara melalui Peg. Arakan Yoma di myanmar dan berlanjut ke Indonesia dengan rentetan Peg. Bukit Barisan menuju ke Indonesia Timur. Dari arah utara masuk deretan Peg. Sirkum Pasifik yang melalui Pulau Kalimantan.
b. Dataran Rendah
Dataran rendah pada umumnya terdapat di lembah sungai besar, seperti Lembah Sungai Mekhong di Laos dan Kamboja, Lembah Sungai Menam di Thailand, Lembah Sungai Salwen dan Irawadi di Myanmar.
2. Bentang air: berupa bentang air tawar yang meliputi sungai, danau dan waduk, serta bentang air asin, yang meliputi lautan (Laut Cina Selatan, laut Banda, laut Jawa, Laut Andaman, Laut Arafuru dll)

D. Sumber Daya Alam Asia Tenggara
Asia Tenggara mempunyai 5 jenis sumber daya alam, yaitu:
1. Letak strategis
Letak Asia Tenggara berada diantara 2 Samodera yaitu Samodera Pasifik dan Hindia merupakan jalur pelayaran yang mejadi penghubung negara- negara di Timur Tengah, Afrika dan Asia Selatan dengan Negara-negara di Asia Timur, Australia dan Selandia Baru. Dampak letak tersebut adalah Asia Tenggara menjadi daerah transit kegiatan ekspor-impor, tempat persinggahan kapal untuk mengisi bahan bakar, bahan makanan dan tempat perbaikan kapal. Negara yang menjadi pelabuhan transito adalah Singapura.
2. Hutan
Sebagai daerah tropis, Asia Tenggara memiliki banyak hutan dengan potensi ekonomi berupa kayu, rotan, getah-getahan, bambu dan faunanya. Fungsi hutan Asia Tenggara sebagai paru-paru dunia. Daerah persebaran hutanterdapat di seluruh Negara Asia Tenggara, kecuali Singapura.
3. Laut
Laut di wilayah Asia Tenggara antara lain: Laut Jawa, laut Timor, laut Arafuru, laut Sulawesi, Laut Sulu dan Laut Natuna, dengan potensi utamanya sebagai sumber air hujan, sumber bahan tambang, bahan baku pembuatan garam, dan prasarana transportasi yang murah.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

ini sama gak kaya batas-batas wilayah dan iklim asia tenggara

Unknown mengatakan...

pas mantab cocok banget

Posting Komentar